PROPOSAL BUSINESS PLAN
“UNARIES BANANA CUP CAKES”
DISUSUN OLEH :
SUNARTI
2013-12-092
FAKULTAS EKONOMI AKUNTANSI
DOSEN :
ANDI HIDAYAT MUHMIN
KEWIRAUSAHAAN SEKSI 22
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT yang telah telah
memberikan nikmat serta hidayahnya terutama nikmat kesempatan dan kesehatan
sehingga saya dapat menyelesaikan proposal
ini dengan baik. Proposal
ini ditulis untuk memenuhi ujian akhir
semester
mata kuliah Kewirausahaan Fakultas Ekonomi
pada Universitas Esa Unggul.
Proposal
ini disusun dan disajikan
dengan harapan berguna bagi pembaca dan juga kalangan masyarakat umum untuk memotivasi dalam menjalankan sebuah usaha dengan baik. Selanjutnya saya
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bpk Andi Hidayat Muhmin
selaku dosen pembimbing mata kuliah kewirausahaan
yang kepadanyalah saya mengetahui suatu referensi untuk mendalami ilmu kewirausahaan ini.
Saya menyadari bahwa proposal ini masih memiliki
kekurangan dalam penulisan, maka dari itu saya mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun dari para pembaca demi kesempurnaan proposal ini.
Jakarta,
14 Januari 2015 Penyusun
Sunarti
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bisnis makanan memang tidak ada
habisnya bahkan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.
Berbagai macam jenis makanan bermunculan dengan ragam kreativitas yang menarik
dan unik. Makanan biasa dikreasikan menjadi makanan yang memiliki cita rasa dan
nilai jual tinggi. Salah satunya adalah cup cakes yaitu salah satu jenis
makanan yang merupakan hasil olahan dari tepung terigu.
Rasanya yang enak dan variasi
bentuknya yang lucu mampu menarik minat para kosumen. Keunikan produk ini
adalah produk dari segi bahan dasarnya yaitu pisang ambon dibuat dengan tepung
terigu berkualitas tinggi yang mudah didapatkan. Selain itu usaha cup cakes ini
ketika nantinya sudah berkembang maka akan diadakan inovasi yaitu dengan adanya
rasa yang bervariasi diantaranya yaitu ada rasa keju, blueberry, strawberry,
vanilla, melon, anggur, coklat dan green tea. Keunggulan tersebut akan dimulai
setelah memperoleh informasi pasar nanti. Jika aneka rasa tersebut dapat
dijalankan dan dapat menarik minat dari konsumen maka mulailah melakukan
inovasi dalam usaha ini sehingga konsumen tidak akan merasa bosan. Adapun
tempat penjualan yang dicari yaitu lokasi yang ramai misalnya dekat sekolah,
perumahan ataupun dekat dengan jalan raya.
Oleh karena itu saya tertarik untuk
membuka usaha cup cakes ini yaitu “Unaries Banana Cup Cakes” untul dijual
karena tidak hanya dijadikan sebagai cemilan ringan yang rasanya cukup lezat,
namun juga mulai diminati para konsumen sebagai salah satu bingkisan unik untuk
melengkapi moment istimewa yang mereka miliki.
B. Visi dan Misi
Visi :
1.
Menjadikan “Unaries Banana Cup
Cakes” sebagai usaha terkenal dengan berbagai rasa dan bentuk yang bervariasi
untuk memuaskan para konsumen.
2.
Meningkatkan kreatifitas dan
inovasi dalam bidang makanan
3. Menciptakan lapangan usaha baru dan memperluas usaha
Misi :
1.
Mengutamakan kualitas dalam
pelayanan
2.
Berorientasi kepada kepuasan
konsumen
3.
Mengembangkan inovasi-inovasi
baik dalam produk maupun pelayanan
4.
Mengembangkan usaha dibeberapa
tempat strategis lainnya untuk memperluas usaha
5.
Menambah wawasan tentang cara
berwirausaha dalam bidang makanan khususnya kue Cup Cakes
C. Tujuan
1.
Mendapatkan keuntungan dari
usaha ini.
2.
Membuat produk makanan yang
mempunyai inovasi baru dan disukai seluruh kalangan masyarakat.
3.
Memanfaatkan dan meningkatkan
hasil olahan dari pisang ambon dan tepung terigu menjadi produk makanan yang
bervariasi yang dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai salah satu makanan
alternative pengganti cemilan yang mengandung karbohidrat yang enak dan
bergizi.
4. Memperkenalkan hasil olahan sendiri agar masyarakat mengetahui bahwa Banana
Cup Cakes ini mempunyai nilai cita rasa yang tinggi.
D. Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha kecil
yang akan dijual didaerah Johar Baru No. 21, namun seiring berjalannya waktu
bisa menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk Cup
Cakes ini terutama bagi yang suka pisang dan coklat.
E. Identifikasi Usaha
Usaha yang dijalankan ini
disusulkan oleh :
Nama : Sunarti
Nama usaha : Unaries Banana Cup Cakes
Alamat : Ruko Mas Indah, Jl. Johar Baru no. 21
No. Telp Usaha : 021-5669721
Email Usaha : Unaries@yahoo.co.id
BAB II
ANALISIS DAN
DESKRIPSI USAHA
A.
Rencana Produk
Banana Cup Cakes adalah kue kecil
berbentuk cetakan mangkok yang dapat dijadikan sebagai cemilan ringan yang
rasanya cukup lezat. Adapun bahan Utama yang digunakan oleh Banan Cup Cakes
adalah pisang ambon.
B. Produk yang dihasilkan
Keistimewaan Banana Cup Cakes ini
diantaranya :
1. Hidangan lezat dan bergizi.
2. Harga relative terjangkau oleh
semua lapisan masyarakat dalam berbagai umur baik anak- anak, remaja maupun
orang tua.
3. Disajikan dengan berbagai macam
bentuk dan rasa
C.
Jenis Usaha
Jenis usaha berupa usaha rumahan
yang menjual makanan ringan atau cemilan yang lezat dan bergizi serta disajikan
dengan berbagai rasa diantaranya yaitu :
1. Banana Cup
Cakes Original
2. Banana Cup
Cakes Rasa Keju
3. Banana Cup
Cakes Rasa Stawberry
4. Banana Cup
Cakes Rasa Coklat
5. Banana Cup
Cakes Rasa Vanila
6. Banana Cup
Cakes Rasa Green Tea
7. Banana Cup
Cakes Rasa Blueberry
8. Banana Cup
Cakes Rasa Anggur
Adapun ukuran Banana Cup Cakes ini
ada 3 Pilihan yaitu Small, Medium dan Large
BAB III
RENCANA
PRODUKSI
A.
Bahan Baku Pembuatan
Bahan –bahan untuk
membuat Banana Cup Cakes :
1. 1,5 kg Terigu
2. 10 Butir Telur
3. Pondan secukupnya
4. Bahan pewarna secukupnya
5. Lima sendok teh baking powder
6. Soda kue secukupnya
7. 400 gram Mentega
8. 1000 ml Susu Cair
9. 500 gram Pisang Ambon, Dihaluskan
10. 175 gram Gula
11. Garam secukupnya
12. 250 gram Gula Palem
Bahan-bahan untuk topping :
1. 500 gram buttercream
2. 750 gram cokelat, dilelehkan
B.
Proses Produksi
Adapun cara pembuatan Banana Cup Cakes adalah :
1. Pertama panaskan susu cair serta susu bubuk dan
aduk hingga benar-benar larut, lalu matikan apinya.
2. Setelah itu tambahkan potongan dark cokelat
secukupnya dan pisang ambon yang sudah dihaluskan lalu aduk hingga larut
merata.
3. Lalu masukkan mentega serta sebagian gula pasir
halus ke dalamnya.
4. Tambahkan kuning telur yang telah dikocok hingga
rata
5. Tuangkan tepung terigu kedalam adonan tersebut
sambil di aduk rata dan kemudian adonan disisihkan.
6. Kemudian kocok putih telur hingga setengah
mengembang. Lalu ditambahkan sisa gula halus tadi ke dalamnya sambil terus
dikocok hingga benar benar mengembang.
7. Masukkan kocokan putih telur tersebut ke dalam
terigu sambil di aduk dengan perlahan.
8. Tuangkan ke dalam cetakan muffin yang sudah
diberi alas kertas.
9. Setelah itu oven selama 25 menit dalam suhu 180
Celcius hingga matang.
10. Untuk toppimgnya anda bisa memanaskan krim kental
lalu tambahkan potongan dark cokelat dan aduk hingga larut merata.
11. Hiaslah bagian atas Cup Cakes dengan topping yang
telah dibuat.
BAB IV
RENCANA
PEMASARAN
A.
Analisis Persaingan Usaha
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT diantaranya :
1. Strength (Kekuatan)
Kekuatan
produk Banana Cup Cakes ini adalah :
Potensi
lain yang dimiliki oleh usaha Banana Cup Cakes ini yaitu penjualan Cup Cakes
dari bahan dasar buah pisang masih jarang sehingga masih besar kemungkinan
usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk yang terjamin
sehat dan higienis, mempunyai cirri khas tampilan dan rasa yang berbeda dengan
usaha Cup Cakes yang lainnya yaitu rasa yang bervariasi serta harga yang cukup
terjangkau.
2. Weakness (Kelemahan)
Tidak
dapat tahan lama, produknya mudah ditiru, tidak cocok bagi konsumen yang tidak
suka buah pisang.
3. Opportunities (Peluang)
Tempat
strategis, cirri khas menu dan tampilan cupcakes yang unik dan dibuat sesuai
selera menjadikan usaha ini sangat menjanjikan, budaya masyarakat yang
konsumtif, di daerah Johar baru belum ada yang menjual Cup Cakes sehingga
Banana Cup Cakes mempunyai peluang besar untuk mendapat keuntungan yang
sebesar-besarnya.
4. Threats (Ancaman)
Banyak
pesaing yang namanya sudah lebih melambung dan dikenal konsumen terutama di
daerah Johar Baru, harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat
menyebabkan kenaikan harga Cup Cakes yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
B.
Analisis 4P
1. Product
Brand : Unaries Banana Cup Cakes
Quality : Tanpa Bahan Pengawet
Packing : Mengunakan Kertas Cup
2. Price
Untuk harga awal,
Banana Cup Cakes dijual langsung kepada konsumen dengan harga dari Rp. 5.000
sampai Rp. 10.000,- per pcs
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal produk kami
melalui lisan, dimana melalui lisan kemudian akan terus berkembang.
b. Media Online : Memasarkan produk melalui jaringan
internet melalui social media seperti facebook, twitter dan instagram.
c. Melakukan promosi selama 2 minggu pada setiap
pembelian 1 box akan mendapatkan diskon 5% dari harga tersebut.
4. Place
Tempat
yang dipilih yaitu di Jl. Johar Baru, tepatnya di dipinggir jalan raya dan
dekat sekolah karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau
masyarakat (konsumen).
C.
Target dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah
yang kita jadikan target yaitu wilayah Johar Baru. Alasan memilih wilayah ini
karena lokasinya strategis dan sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar,
bahan-bahan untuk membuat produk ini mudah didaparkan di daerah ini ditambah
belum ada yang menjual Cup Cakes diwilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan
demografi, secara pasar kami tertuju pada kalangan anak-anak, remaja dan Orang
tua dilingkungan sekitar lokasi usaha dan dipinggiran jalan dengan membuka
Outlet Cup Cakes untuk mempermudah kami memperoleh informasi pasar.
D.
Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk
yang kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi dan harga yang
terjangkau dengan bentuk dan rasa yang bermacam-macam. Produk ini bernama
“Unaries Banana Cup Cakes” .
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung
bisnis
Memiliki
produk Cup Cakes berbahan baku seperti pisang ambon, terigu, telur, pandan,
baking powder, garam, gula pasir dan cokelat. Oleh karena itu Banana Cup Cakes
berniat bekerja sama kepada mereka yang menyediakan produk Cup Cakes.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk
Banana Cup Cakes ini merupakan inovasi yang pertama yaitu Cup Cakes dengan
pisang dan topping beraneka rasa serta bentuk yang dapat disesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
Banana Cup Cakes.
5. Media Pemasaran
Kami
akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook, twitter,
BBM dan Instagram.
BAB V
RENCANA
PERMODALAN
A.
Biaya Awal
Biaya Variabel
Keterangan :
masing-masing jumlah produk dikali 4 (karena dalam 1 bulan ada 4 minggu)
Biaya
Tetap
B.
Harga Jual
Harga jual 1 Banana
Cup Cakes ini bervariasi karena disesuaikan dengan ukurannya masing-masing
diantaranya :
- Ukuran
large :
Rp. 10.000/Pcs
-
Ukuran
Medium : Rp. 7.500/Pcs
-
Ukuran
Small :
Rp. 5.000/Pcs
Target
penjualan Banana Cup Cakes perhari adalah 15 box, masing-masing ukuran adalah 5
box. Dalam 1 box terdiri dari :
-
3
pcs untuk ukuran Large :
3 x Rp. 10.000 = Rp. 30.000,-
-
4
pcs untuk ukuran Medium : 4 x Rp. 7.500 = Rp. 30.000,-
-
6
pcs untuk ukuran Small :
6 x Rp. 5.000 = Rp. 30.000,-
C.
Modal Awal
Modal Awal = Biaya
Variabel + Biaya Tetap
Modal Awal = Rp.
1.634.000 + Rp. 11. 254.324 = Rp.
12.888.324,-
D.
Analisis Keuangan
Diasumsikan waktu
penjualan adalah setiap hari = 30 hari, berikut rinciannya :
Pendapatan Harian
|
Rp. 30.000,-
|
15 box
|
Rp. 450.000,-
|
Pendapatan Bulanan
|
Rp. 450.000
|
30 hari
|
Rp. 13.500.000,-
|
Jika
diasumsikan penjualan dalam 1 tahun konstan, berikut rinciannya :
Pendapatan Tahunan
|
Rp. 13.500.000
|
12 bulan
|
Rp. 162.000.000,-
|
Biaya Variabel
|
Rp. 1.634.000
|
12 bulan
|
Rp. 19.608.000,-
|
Maka
laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun :
Laba
= Pendapatan Tahunan – Biaya Variabel
Laba
= Rp. 162.000.000 – Rp. 19.608.000 = Rp. 142.392.000,-
E.
Pengembalian Modal
Pengembalian Modal = Total modal awal :
Pendapatan per bulan
= Rp. 12.888.324 : Rp. 13.500.000 = 28
hari
BAB VI
RENCANA
ORGANISASI
Rencana
Organisasi Banana Cup Cakes terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani
para konsumen.
BAB VII
PENUTUP
Usaha Banana Cup Cakes ini termasuk usaha yang
cukup menjanjikan karena memiliki peluang memperoleh keuntungan yang besar
karena wilayah yang menjadi sasaran penjualan belum ada yang menjual produk
seperti ini. Namun wirausaha harus memiliki SWOT yang kuat dalam menjalankan
usahanya dan harus bisa menganalisa SWOT demi mengembangkan usahanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar